DARIMANA ASAL MUNCULNYA KERUTAN DAN KERIPUT?

Setiap orang pasti mendambakan kulit indah bukan? Memiliki wajah dan paras cantik, putih bersih dan tampak muda pasti diinginkan dan diidam – idamkan oleh seluruh umat wanita. Namun, tidaklah mudah untuk menjag akulit agar selalu tetap cantik dan mempersona. Kerap terjadi beberapa masalah yang selalu muncul pada wajah maupun kulit manusia, salah satunya adalah munculnya kerutan dan keriput. Kerutan dan keriput sendiri diakibatkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kerutan dan keriput.

1. USIA

Seiring berjalanya waktu, penuaan dan munculnya kerutan halus kerap terjadi oleh manusia karena seiring berjalanya waktu kelembapan dan keelastisan wajah pun berkurang. Hal ini memang sudah alami terjadi. Seiring berjalanya waktu dan penambahan usia, penurunan pada massa otot dan ketebalan kulit pun akan semakin berkurang, zat kolagen dan elastisin pun juga berkurang. Sehingga kerutan dan keriput pada wajah pun akan terlihat. Jaga pola makan dan sering mengonusmsi buah dan sayuran akan membantu menambahzat dan vitamin yang akan membuat penuaan tidak cepat dan tampak lebih awet muda.

2. PAPARAN SINAR MATAHARI

Sinar matahari yang memiliki UVA dan UVB yang memiliki dampak buruk bagi wajah. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerutan dan garis halus pada wajah yang membuat wajah kelihatan menjadi kendur. Karena UV merusak jaringan ikat bawah dan kulit, kekuatan dari fleksibilitas. Akhirnya kulit jadi tidak kencang dan kendur.

3. MEROKOK

Merokok merupakan salah satu faktor yang membuat keriput dapat cepat bermunculan pada usia muda. Karena penyempitan pembulu darah yang terjadi saat merokok serta zat kimia yang terkandung pada rokok yang membuat kolagen serta elastisin pada wajah rusak membuat anda menjadi keriput sebelum waktunya.

4.  KURANG TIDUR

Tidur, merupakan salah satu cara manusia untuk beristirahat. Manusia harus tidur minimal 7 – 8 jam untuk mengembalikan dan memulihkan tenaga. Ibarat gadget harus diisi baterainya agar dapat berfungsi, manusia harus tidur untuk dapat beraktifitas kembali. Namun beberapa jenis orang sering mengalami kurang tidur akibat jadwal yang sibuk dan padat membuat mereka tidak ada waktu untuk tidur atau bahkan hanya dapat tidur sebentar. Hal buruk inilah yang berdampak buruk bagi kesehatan dan juga membuat metabolism tubuh menurun sehingga cepat lelah dan wajah cepat terlihat tua serta terjadinya penuaan dini.

5. ESKPRESI WAJAH

Ekspesi wajah merupakan cara berbicara dan cara menunjukan bahwa ekspresi kita sedang bahagia, senang, sedih, marah, kesal terhadap sesuatu sehingga dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini merupakan hal yang sengaja maupun tidak sengaja yang sudah memang kita lakukan sejak lahir. Namun beberapa gaya ekspresi muka diteliti oleh peneliti memang dapat memicu penuaan dini atau penambahan keriput secara cepat seperti saat minum menggunakan sedotan, tertawa terbahak – bahak, menyempitkan mata maupun marah. Hal ini disebabkan karena beberapa ekspresi tersebut menarik bagian kulit kedalam dan menyempitkan kulit dari wajah normal kita yang elastis sehingga disaat kembali semua, bagian wajah kita yang elastis menjadi lebih lebar dan akhirnya kendur.

6. DIET

Diet, merupakan cara seseorang untuk mengurangi berat badan pada tubuhnya yang disebabkan karena mereka merasa badan mereka bobot berat badanya sudah bertambah. Sebagian besar orang yang berbadan gemuk melakukan diet dengan tujuan mengurangi bobot berat badan agar terlihat ideal. Namun diet dapat menjadikan efek samping pada hal manusia salah satunya adalah munculnya kerutan. Karena saat diet, maka otomatis badan akan kekurangan asupan seperti vitamin dan kolagen serta lemak, Vitamin A, B,  dan E serta zat besi yang berperan penting selain untuk tubuh juga untuk kesehatan terutama pada wajah. Diet boleh – boleh saja namun asal tidak berlebihan maka dampak yang terjadi juga akan baik.

7. DEHIDRASI

Dehidrasi, atau dikenal dengan kekurangan air. Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan cairan. Sama seperti tumbuhan yang disiram dengan air, sebagian tubuh manusia merupakan cairan. Jadi cairan dan konsumsi air sangatlah penting bagi tubuh dan wajah manusia. Jika kekurangan air dalam tubuh dan mengalami dehidrasi, kulit kita otomatis akan kering dan tampak kusam, bersisik, mudah lelah dan lesu. Itu dia mengapa dokter selalu menganjurkan manusia agar minum sebanyak minimal 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi, tetap segar dan awet muda.

8. ALKOHOL

Sering minum alcohol tentu tidak baik pada kesehatan tubuh manusia. Selain tidak baik bagi hati,alkohol juga tidak baik bagi kesehatan dan juga kulit manusia. Karena alkohol menyebabkan dehidrasi yang cukup hebat sehingga kulit dapat cepat kering dan tampak kusam. Alkohol juga mencegah nutrisi dan mineral dalam tubuh untuk mencapai sel – sel kulit dan mengisi mereka. Menguras vitamin A yang merupakan antioksidan penting untuk elastis kulit. Jadi, intinya mengonsumsi alkohol boleh – boleh saja namun ada batasanya dan dilarang berlebih karena selain tidak baik untuk tubuh juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

 

Naah, untuk itu mulailah muncul penemuan baru yang mulai berkembang pada zaman sekaran, dimana penuaan dini dan juga dapat dibantu dengan vitamin dan juga perawatan khusus yang ekstra agar kulit tampak selalu lebih indah dan merona tanpa kerutan. Dr. Dewi dari DC Beauty Clinic akan membantu anda dalam menangani berbagai macam maslah kulit seperti kerutan agar kerutan tidak terus bertambah. Dengan penanganan khusus, DC Beauty Clinic menawarkan solusi yang baik dan mudah agar dapat tampil cantik dimanapun kapanpun.

DC Beauty Clinic

Jl. Pluit Indah, RT.8/RW.6

0816-971-169

Leave a comment